Kamis, 12 November 2009

NAMA : Lilis Suryani

KELAS: X-B

GEMPA BUMI DI INDONESIA

Gempa terjadi akibat getaran kulit bumi yang di sebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi yaitu pergerakan kerak bumi (lempeng bumi).

Indonesia tergolong salah satu wilayah paling aktif tingkat kegempaan di muka bumi ini. Pusat-pusat gempa besar yang berkekuatan lebih dari 8 skala Richter terutama dijumpai di sepanjang penyusupan lempeng atau sepanjang sesar geser mendatar dan wilayah dengan gejala-gejala kompresi.

MENGAPA DI INDONESIA SERING TERJADI GEMPA?

Pertanyaan inilah yang akan kita jawab dan bahas dalam artikel ini. Indonesia merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi karena di Indonesia terdapat 400 gunung berapi dan yang masih aktif kira-kira 80 gunung berapi. Terjadinya gempa bisa di akibatkan karena adanya pergerakan magma dalam gunung berapi. Selain itu, terdapat sebab-sebab lain terjadinya gempa bumi di Indonesia, yaitu:

  • karena adanya pergeseran lapisan bumi yang berbentuk piringan atau sering disebut lempeng bumi.
  • Karena runtuhnya atap gua/terowongan tambang.
  • Karena Indonesia di lalui lempeng gempa.
  • Bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak bumi ini akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.

Gempa berdampak langsung pada deformasi lapisan bumi. Berikut ini adalah dampak terjadinya gempa bumi:

  • Semakin besar kekuatan gempa, akan menimbulkan kerusakan yang berat di permukaan bumi, yaitu hancurnya bangunan baik rumah maupun gedung-gedung, dan menimbulkan korban jiwa yang besar.

Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dan lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. InsyaAllah dengan begitu kita semua dijauhkan dari hal-hal yang tidak di inginkan.

SUMBER REFERENSI:

Buku Geografi Platinum untuk Kelas X SMA dan MA

Buku PR Geografi untuk Kelas X SMA dan MA

http://kidz.vivanews.com

http://lampungpost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar